March '24 Skincare Routine (Dry, Mature Skin)


Semakin ke sini, skincare yang saya pakai jauh lebih minimalis. Alasannya karena sudah menemukan produk yang cocok, dan sudah malas untuk bereksplorasi. Catatan ini menjadi tanda kalau saya harus mencoba lagi—kondisi kulit aman sekarang bukan berarti nanti akan baik-baik saja. For one, saya belum lagi mencoba retinol, hahaha.

Kulit saya yang dulu jerawatan, kini sudah masuk tahap kulit matang. Alih-alih jerawat, yang saya hadapi adalah dehidrasi, dry patch, dan flek hitam. Untuk flek ini saya masih bingung juga pakai apa selain rencana pakai retinol. Ada yang bilang kalau udah masuk usia segini, treatment akan lebih efektif, cuma saya takut nagih jadi pengennya treatment mulu. Ha ha ha!

As of March 2024, my skincare is something like this:

The Main Players

First Cleanser (Night Only) - Heimish All Clean Balm

Deskripsi sama: Glides smooth at skin, membersihkan tanpa mengeringkan, dan isinya cukup banyak sehingga awet. Nggak akan saya ubah selama harganya masih oke. Selain karena keawetannya juga formulanya yang nggak berubah sejak pertama kali mencoba.

Beli di shopee / tokopedia

Face Wash (Day & Night) - The Face Shop Rice Water Bright Foaming Cleanser Face Wash

Kalau biasanya saya pakai dua jenis face wash, sekarang cuma satu. Alasannya sederhana: Ukurannya besar banget (300ml) dan harganya murah, jadi saya beli. Plusnya, dia lembut di kulit, dan membersihkan. Consnya, kadang selesai cuci muka terasa terlalu kesat, lalu sabun ini juga pedih di mata, yang membuat saya kayaknya nggak akan repurchase.

Berhubung masih bosan pakai COSRX, jadi sehabis ini mau coba merek lokal yang lembut. Tapi sama seperti yang ini, saya akan beli ukuran yang paling besar. Malas beli untuk refill, jadi sekalian aja saya cari ukuran raksasa.

Beli di shopee / tokopedia

Wishlist: Somethinc Gentle Jelly Cleanser

Toner - Pyunkang Yul Essence Toner

Alasan beli toner ini juga sama: harga tidak mahal dengan isi yang banyak. Kayaknya tema saya tahun kemarin soal skincare adalah penghematan deh, soalnya saya banyak nyari yang ukuran besar dan isi penuh. Toner ini teksturnya kental, tapi mudah menyerap.

Untuk efeknya sendiri so-so, tidak ada kesan melembapkan yang kentara. Kalau kulit lagi kering banget, pakai toner ini nggak ada efeknya. Kalau kulit sehat, ya berasa enak dan nyaman. Selain itu, packaging-nya—alias botol biru kayak obat—nggak begitu sreg buat saya, nggak cantik aja gitu wkwkwkw. (Preferensi personal banget)

beli di shopee / tokopedia

Moisturizer - COSRX Oil-Free Ultra Moisturizer

Setelah kemarin pakai Illiyoon yang lama banget habisnya, saya kembali ke moisturizer sebelumnya, yaitu COSRX Oil-Free.

Pelembap ini adalah pelembap yang berani saya rekomendasikan ke siapa pun: cocok untuk jenis kulit mana pun, aman ketika kulit saya dalam kondisi apa pun. Mau lagi kering banget, mau lagi dehidrasi atau berminyak, pelembap ini selalu menstabilkan kulit. Enak juga dipakai pagi maupun malam. Ibaratnya, pelembap ini bagaikan si dia yang selalu ada: Mau bolak-balik nyoba yang baru, ujungnya balik ke dia lagi.

Masalahnya, harga pelembap ini naik terus. Emang sih naiknya dikit-dikit, tapi berasa banget perbedaannya dibandingkan ketika pertama kali memakai dulu. Karena sekarang ada banyak pilihan pelembap lokal, maka berikutnya akan mencoba pelembap lokal—dengan kandungan yang mirip: tidak neko-neko.

beli di shopee / tokopedia

Wishlist: Skin Game Kind Moisturizer

Sunscreen - Skinaqua UV Moisture Milk SPF 50

Tahun 2015 pernah menggunakan sunscreen skinaqua. Sayang kesannya tidak menyenangkan, bikin kulit berminyak dan nggak berasa nempel di kulit. Bertahun-tahun kemudian, ternyata Skinaqua sudah berevolusi dengan formula dan varian baru. Ulasan yang saya baca pun bagus. Jadi saya memberanikan diri mencoba lagi—kebetulan memang ingin pindah dari Nivea.

Wah, ternyata benar: dengan harga yang masih affordable, formula sunscreen ini meningkat jauh. Saya pakai yang varian tutup biru. Tidak lengket di kulit, melembapkan dan ringan. Menyerapnya agak lama sih, tapi masih wajar untuk ukuran sunscreen.

Satu komplain saya, ukuran *sunscreen -*nya kecil. Ini masalah semua sunscreen di Indonesia deh kayaknya 😟 semoga aja mereka cepat insaf (lol) dan bikin ukuran besar yak.

beli di shopee / tokopedia

The Add-Ons

Sejak tahun kemarin, saya cenderung malas pakai skincare. Hal ini tercermin dari sedikitnya produk yang saya pakai dan kemalasan mencoba produk baru. Dari tulisan ini juga saya berpikir harus melengkapi lagi produk tambahan. Selain retinol, face oil juga harus jadi perhatian deh.

Serum - L’oreal Glycolic Acid

Aslinya bukan pemakai L’oreal, tapi saya dapat sampel dan sayang kalau tidak dipakai. Plus, serum niacinamide Avoskin saya sudah habis. Rasanya sih enak, nyaman ringan dan mudah menyerap. Tapi karena pakainya sebentar (I don’t plan to repurchase), jadinya nggak bisa menuliskan juga efeknya apa.

Face Spray - Tavi Urban Shield 3in1 Fine Mist (Not Pictured)

Awalnya dikasih temen, eh ternyata sangat bermanfaat. Ini nggak cuma berguna untuk set habis makeup atau sebelum make-up prep, tapi juga melembapkan kulit yang kepanasan atau kering kena AC. Spray -nya sangat dompet-friendly, alias menyebar tapi produk yang dipakai irit. Kalau dia udah habis, saya pasti bakal beli lagi.

beli di shopee / tokopedia

Wishlist

MISSHA Time Revolution The First Treatment Essence RX

Karena kemarin beli toner yang lumayan kental, namanya pun essence toner, saya nggak merasakan kepentingan untuk beli esens ini. Tapi masih jadi wishlist, mengingat reviewnya pada dahsyat broow.

beli di shopee / tokopedia

Avoskin Miraculous Refining Toner

Janji mau pakai retinol dari jaman kapan, belum-belum aja. Keburu tua nih. Doakan saja next cycle sudah dibeli yak retinolnya. Heheheheh. Bulan depan harus dibeli pokoknyaa. Reviewnya harus muncul beberapa bulan lagi.

beli di shopee / tokopedia


Cek juga halaman shop untuk melihat rekomendasi barang yang saya pakai sehari-hari. Only the best! Sampai jumpa di postingan tentang skincare berikutnya.

Salam,

Mega

13 komentar

  1. Aku pernah coba face wash the face shop juga, Kak. Jumbo banget emang ukurannya 🤣 cuma nggak lanjut pakai itu lagiii. Sekarang pakainya brand lokal True To Skin yang matcha oat dan sekarang udah tube ke3. True To Skin ini nggak terlalu pedih di mata dan nggak ada sensasi ketarik abis pakai jadi aku suka 😆

    Aku lagi mau coba Skin Game Kind Moisturizer loh Kak!! Paketnya masih otw ke rumahku sih 🤣. Nanti aku balik ke sini kalau udah coba ya wkwk

    Aku juga pernah pakai skinaqua tapi dulu kalau udah beberapa jam bikin kulitku kusam jadi aku stop pemakaian 🥲. Pernah coba Azarine, ini okay. Sekarang lagi pakai Amaterasun dan ngerasa lebih cocok pakai ini karena nggak bikin kusam setelah pemakaian seharian 😆. Harganya juga murmerrr soalnya sering ada bundle price gitu. Aku pakai juga yang buat badan 😆

    Lagi mau coba retinol jugaaa! Aku kemarin order dari somethinc Kak 🤣. Jujur deg-degan mau coba retinol karena takut purging 🥲 semoga kulit kita dijauhkan dari efek purging setelah pemakaian retinol ya Kak 🥲🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah true to skin boleh nih dimasukin ke wishlist. emang sekarang tuh pilihan merek lokal udah banyak yak, dan jenisnya juga lebih kaya. kalau cocok sama skin game kayaknya aku mau move juga dari COSRX nih. kabar-kabari yaaa nanti kalo udah coba 😄 katanya yang sama kek oil-free moisturizer-nya COSRX itu yang Skin Game Kind Watery Moisturizer.

      Azarine "okay" aku setujuuu.. kalo di aku dia gampang luntur gitu kalo kena keringet. Ternyata wajahku tipe yang gampang keringetan. Skinaqua ini untungnya jadi bersifat kek oil-control/sweat control (???) soalnya begitu pake, muka pun jadi stabil. Amaterasun juga boleh nih buat selingan dicoba 🤔

      Nah kemarin aku beli retinol avoskin. sebelumnya pernah pake somethinc tapi sayangnya gak cocok. semoga di Lia cocok ya! Kalo purging gapapa deh, asal jangan ganas-ganas amat 🥲

      Hapus
    2. brand lokal sekarang buanyak banget sampai bingung kalau lagi masuk Socioll* Kak 🤣.

      aku udah coba skin game selama beberapa hari ini dan aku cocok Kak!! suka bangettt sih aku!! aku pakai yang Kind Cream karena aku kulitnya normal-kering. adikku yang jenis kulitnya sama kayak aku tapi versi berjerawat juga bilang cocok sama pelembabnya dan entah benar atau nggak, dia jadi nggak muncul jerawat sehabis pakai pelembap iniii katanya. Kind Cream teksturnya gampang diblend dan gampang nyerep banget, nggak bikin muka minyakan + kayak nggak pakai apa-apa karena nyerep banget. aku suka yang kayak beginii soalnya sebelumnya aku pakai Originot3 dan itu becek banget di muka 😭 aku nggak suka karena rambut suka nempel-nempel jadinya 😭, rasanya kayak pakai masker saking susah nyerep 😭

      aku juga udah coba yang somethin* tapi baru 1x pakai, so far amannn! kakak coba yang retinol jenis apa? aku cobanya yang granactive snow, katanya ini cocok buat beginner di dunia retinol jadi aku cobainn dan aman 🙈 entah kulitku yang badak atau apa wkwk

      Hapus
  2. Mau komen tapi bingung, temanya skincare soalnya... sedangkan aku belum pada level metrosexual, padahal merawat diri itu mesti juga pria juga, hoho...

    so, skip dulu aaaah... tapi tetep ngabsen!

    BalasHapus
    Balasan
    1. atulaaah, ngakak pisan kang ady wkwkwk. suami aku pake sunscreen aja susah, padahal kerjanya lapangan. kalo ga dipakein sama aku ga akan pakeee. masih panjang jalannya ini mah :") makasih lohh udah ngabsen...

      Hapus
  3. Sebagai pengguna skincare "ala kadarnya", menurutku list-nya Mba Mega ini nggak overwhelmed buatku, hahaha. Jujur aku pun juga cuma pake 4 produk: cleanser (aku pake micellar water Garnier, nggak ganti-ganti! hihi), face wash (Avoskin miluvv), toner&serum pake Avoskin juga karena gentle banget di kulitku, moisturizer sekarang pake Skintific, udah jar kedua karena ternyata cocok dan nyamannnn. Sunscreen juga masih setia dengan Carasun <3

    Aku juga belum pake retinol, Mbaa. Belum berani, hahaha. Eyecream sempat pake cuma sekarang lagi habis, bingung banget pengen pake produk apa. Padahal umur segini eyecream termasuk yang penting juga nggak, sih? 😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah lewat yah masanya ingin beli ini beli itu segala dicobain. sekarang bawaannya gelisah kalo liat skincare yg ga abis-abis wkwkw pengen abis dulu baru beli yang baru....

      pengalamanku pake avoskin tuh yang serum niacinamide, dan itu enak. liat listnya Jane keknya aku positive thinking avoskin retinol bakal bermanfaat baik buat kulitku. letsgooo amankan usia 30-an kita dengan retinol HAHAHA...

      ada yang bilang eye cream itu scam. ada yang bilang juga kalo maksa pake pelembap biasa di daerah mata malah jadi milia. jadi keknya ini case by case kali ya? 🥲 aku sendiri pake beberapa eyecream tapi emang gak ngefek2 amat sih jadinya berenti pake... kalo dirimu sekarang pake merek apaa?

      Hapus
  4. Mba Megaa aku seneng bacain review skincarenya Mb Mega :D karena hampir semua yg ditulis Mba Mega aku blum pernah (atau hampir) coba 🥲 sempat melirik Illiyoon dan pyunkang tapi kalau baca reviewnya Mba Mega kayanya aku skip deh wkwkwkwk. Kalau toner, Mba Mega sudah coba Probiome Skin Tonic nya Studio Tropik ? (some said itu dupe nya laneige cream skin refiner) yg mana utk kulit kering tapi aku yg acne prone pun cocokk. Pernah dapet harga 180ribu untuk 270ml, good deal bangettt, meski sepertinya ga begitu hype di kalangan skincare Indo.

    Akuuu pengguna serum retinol avoskin yg tiap malam g pernah skip dan kulitku baik2 saja Mbaa 😆, gaskeun dicoba yg tonernya dulu dicombine sama serum niacinamide untuk mengurangi iritasi 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya blog post ttg skincare ini termasuk yang rutin aku tulis, soalnya fungsinya lebih ke dokumentasi sendiri juga. senang kalau itu bermanfaat untuk orang lain, hehehe :D Illiyoon sebenernya bagusss, cuma ya itu keknya aku juga butuh faktor X alias kenyamanan untuk pakai suatu produk 😄

      Studio Tropik ini termasuk salah satu merek yang pengen aku coba, tp karena cycle produk skincare-ku lambat, jadinya selalu masuk antrian dan gak beli-beli. kemarin aku coba toner avoskin karena udah nyaman pake avoskin. nah nanti mungkin bisa coba-coba lagi kalau yang ini udah abis 😆

      Bismillahhhh aku mulai rutinin pake tonernya! semoga tiga bulan ke depan, reviewku lumayan oke yaaa ahahaha

      Hapus
  5. Waaa, sebagai orang yang skincarenya cuci muka sama pelembap aja aku jadi banyak belajar di sini :D (Eh, kemarin-kemarin tau serum dan toner sih dapet gratisan, hehe). Jenis kulit kita sama, aku pun kering dan "mature" :p Jadi penasaran, jadi face spray itu bisa dipakai kapan aja gitu ya? Gak akan bikin jerawatan kah? (Maafkan aku beneran gak tau dan pengen coba, hehe).

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo Kak Indi! face spray ini sebenernya ya menurutku ada efek placebo-nya HAHAHAHAH. dari satu merek ke merek lain, keknya bedanya gak banyak. Tapi aku suka Tavi ini karena bentuk sprayer-nya hemat. Buat yang kerja di dalam ruangan ber-ac, bermanfaat banget pas kulit kerasa kering, jadi seger ke muka. Tapi tetep aja supaya lembap, lebih efektif pelembap!

      Trus, buat yang suka pake make-up, salah satu fungsinya adalah sebelum pakai make-up (dipakai setelah sunscreen), dan buat nge-lock make-up (setelah make-up selesai, semprot tipis aja). Nah aku sendiri jarang pake make-up heboh, jadi gak merasakan manfaat besar dari sini. tapi fungsi utamanya buatku, seger dan cukup menahan make-up (karena nggak heboh juga make-upnya mungkin, yaa...) 😄

      Hapus
  6. Teh Mega, cobain pake serum retinolnya Implora dulu aja. Gentle enggak ada sensasi cekit-cekit, dan harganya murah banget, jadi enggak akan ngerasa rugi kalau ternyata enggak cocok 🤣 sekalian membiasakan kulit sama retinol juga jadi nanti makin lama bisa pake yang lebih strong buat tackle masalah penuaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii Teh Laksita! HAHAH pas baca ini aku tuh udah beli retinol avoskin dan udah nyoba jugaa. berasa banget cekit cekit. 🥲 sebelumnya pakai serum somethinc kan gak cocok jadi aku pindah ke toner, mikirnya serum lebih "berat" huhu. sekarang lagi berhenti dulu karena kulit lagi tida bersahabat... mari kita lihat beberapa bulan ke depan.

      Makasih udah berkunjung :D

      Hapus

Instagram

Gentle Sunday. Theme by STS.