A Gentle Warm Welcome

Hai, hai! Kalau kalian membaca post ini sekarang, mungkin ada dua penyebabnya: Kalian menavigasi lewat website, atau masuk ke sini dari link di blog saya yang lama. Either way, selamat datang! Saya Mega, dan ini rumah baru saya.

Personal blog di tahun 2023 makin menjadi barang langka. Memang, komunitas blogger masih ada di Indonesia, tapi persentasenya makin sedikit. Sosial media adalah primadona sekarang; di mana semua orang berkumpul, di alun-alun besar, bicara, mengobrol, dan meneriakkan “konten” mereka.

Selama berhenti nge-blog, saya kembali hanya menjadi pembaca dan pengonsumsi konten. Saya menyukai konten tentang kehidupan sehari-hari, hal yang menjadi perhatian di “mata” pemiliknya – seperti blog-nya Jane, Lia, atau Kang Ady. Sosial media terlalu “berantakan” bagi saya. Dan sedikit membosankan, no? Semua punya layout yang sama.

Selama menjadi pembaca, saya merasakan bahwa saya kangen dengan “mengintip” kehidupan orang lewat blog. Saya kangen membaca blog yang menceritakan kehidupan sehari-hari secara sederhana, yang membuat saya merasa mengenal lebih dekat penulisnya meskipun tidak saling bersapa.

Hal itu justru malah sulit dilakukan oleh saya sendiri. Looking back, blog saya yang lama adalah tempat saya untuk belajar. Tapi juga kurang sentuhan personal yang justru saya cari dari blog orang. I long for my own bravery, keberanian untuk menuliskan apa saja yang ada di pikiran, tanpa berpikir bahwa menulis di blog adalah “hal yang besar”.

Maybe, blame social media. Maybe, blame myself. Membuat tweet lebih mudah daripada memikirkan ide post, menggabungkan montage video lebih cepat mendapat engagement daripada tulisan nan panjang seperti diary. Tapi saya ingin mencoba semuanya, dan ingin mengarsipnya di satu tempat.

Saya ingin menciptakan rumah online yang nyaman untuk diri sendiri, sebagai pembaca pertamanya. Menyingkirkan kekhawatiran itu, semoga rumah baru ini jadi tempat yang nyaman.

A Center of My Online Life

Rencana jangka panjang adalah menjadikan domain ini sebagai “tempat nongkrong utama” saya. I know, dengan tak bisa dihindarinya media sosial, akan agak sulit, tapi juga saya jadikan sebagai tantangan. Selama saya “nongkrong” di tempat privat, saya mendapati ada beberapa topik yang sering saya bahas, tapi herannya nggak pernah saya tulis di blog saya sendiri. So, I hope we'll get to see it here!

The Website

Basis dari website ini adalah google sites homepage yang bisa ditemukan di sini. Kalau mau melihat artikel saja, bisa dicek di blog. Tapi kalau mau lihat segala macam update terbaru, Home Website adalah tempat terbaik. Ke depannya, saya juga nggak hanya akan mencantumkan konten artikel, tapi juga konten video dan lainnya, kalau ada. Amiiin.

The Blog

Heart of the content, berisi berbagai artikel dan utamanya adalah pendapat personal. Sebagian besar post dari blog yang lama masih saya masukkan karena tulisan-tulisannya masih berharga. Isinya sudah pasti gado-gado; tapi mostly temanya bisa ditemukan di tab bagian atas. Tentang hidup 9-5, tentang berhemat, tentang hal-hal yang saya jadikan alasan untuk pemborosan. Ada beberapa tulisan yang saya tulis selama berhenti ngeblog di publik, dan saya masukkan juga ke blog ini, akhirnya. Do people still read blogs (selain blogger, tentu saja)? Nggak tahu juga. But I love rambling, so that’s enough. 

Shop Notes

Ini halaman baru yang awalnya saya buat untuk membantu diri sendiri. Awalnya saya suka menggunakan fitur wishlist dari aplikasi belanja online. Tapi karena wishlist saya banyak dan aplikasi yang saya pakai juga banyak, jadi saya mencatatnya di notes–yang kemudian jadi halaman ini. Simply because pretty pages attracts me more, dan siapa tahu bermanfaat untuk orang lain. Produk yang saya tulis di halaman itu hanyalah produk yang memang sudah benar-benar saya suka dan pakai. Untuk wishlist dan barang-barang lainnya juga bisa melihat di tab shop pada blog.

Library

It’s an experiment–sebuah “perpustakaan” berisi film, lagu, dan buku yang saya konsumsi. Sebenarnya ini adalah perwujudan keinginan “cerita, tapi nggak usah review”. Berhubung saya nggak minat bikin review buku/film kecuali niat banget, jadi saya menggunakan halaman ini sebagai tempat mendokumentasikannya.

Halaman ini masih akan bertransformasi. Ada rencana jangka panjang dalam penyusunannya. For now, enjoy the content and happy exploring! Walaupun most likely nggak ada apa-apa sih, daftar aja biar saya inget 🙂

Newsletter and Social Media

Of course I still got my newsletter. Tapi untuk saat ini akan ditahan dulu; I will write after there’s enough content and I know what to write there. As for social media, ada beberapa link media sosial yang saya miliki, tapi tidak benar-benar digunakan (hanya post media saja).Saat ini saya hanya menggunakan twitter, yang bisa di-follow di  @gentlesundayy.

Mengapa masih menggunakan media sosial? Kembali ke masalah pertama; personal blogging saat ini bukanlah hal yang populer. Saya senang bergaul dengan sesama blogger, tapi juga ingin mencapai orang-orang di luar sana – mereka yang memilih membuat konten di platform lain, atau simply berbagi lewat akun base. Kalau kalian punya twitter, feel free to follow and mention me to follow you back – especially fellow personal bloggers!

Interactions & Activity

I am never the one who can socialize much. Setiap kali merasa overwhelmed biasanya saya akan retreat–melindungi diri di media sosial privat yang sangat terbatas. Hal inilah yang terjadi satu tahun terakhir.

Kolom komentar di blog ini masih terbuka (kecuali di beberapa post yang saya pikir tidak membutuhkannya). Tapi saya mungkin tidak bisa membalas cepat. I need time to reply to comments, dan kadang menjawab sekaligus bisa bikin saya capek dan susah nulis karena kepikiran… ha ha. So, just a heads up supaya saya bisa lebih tenang.

Something I love is leaving comments on friends' blogs. Komentar di blog ini membuat saya tahu siapa yang masih aktif ngeblog dan siapa yang bisa saya kunjungi. Jadi, tunggu kehadiran saya di blog teman-teman ya. Cie. In the meantime, feel free to reach me through twitter, akses media sosial yang paling nyaman untuk saya saat ini.

A Gentle Home for Myself

Belajar dari blog sebelumnya, I think what kills my passion for blogging adalah my own perfectionism. Bahwa tulisan saya harus benar-benar “matang” dan “terencana”. Just like my own digital magazine, which I’ve been proud of. Tapi kadang hal itu bisa jadi halangan tersendiri. Karena itu, domain baru ini adalah cara saya “mendobrak”nya.

Place to Think

Di mana saya ingin menulis tanpa batasan. Selama berhenti ngeblog, saya masih aktif di sosial media privat yang hanya berisi teman-teman terdekat (yang saya ketahui di IRL dan memang sering berjumpa). Saya masih suka berpendapat secara tertulis, terkadang panjang dan berantai. Saya berpikir–seharusnya saya bisa menulis omongan saya itu di blog; di sisi lain, saya berpikir bahwa blog saya bukanlah tempat untuk tulisan “setengah matang”.

Karena itu, harap maklum kalau di sini akan ada banyak tulisan setengah matang atau malah nggak jelas. I love rambling and I might do more. Termasuk tulisan yang campur-aduk Indonesia dan Inggris ini.

Place to Explore

Di mana saya bisa menuliskan apa saja tanpa takut dengan kategori-kategori. Saya bisa menulis artikel tentang menjaga kesehatan pikiran di satu hari, lalu bikin review anime favorit sepanjang hidup di hari lainnya. Saya bisa mem-posting review parfum di satu hari dan curhat tentang makanan favorit esok harinya. Memang, dulu juga nggak ada yang ngelarang; tapi anehnya, saya sendiri yang membatasi. Ha ha ha….

I want to know and document what I like. Menulis blog ini juga akan jadi bagian saya mengingat serta mengenal diri sendiri. Terbiasa menggunakan media sosial membuat pikiran yang saya sampaikan jadi pendek dan putus-putus. Semoga saya bisa kembali terbiasa menulis di blog, menyampaikan isi pikiran dengan bebas, karena itulah yang membuat saya jatuh cinta dengan blog pertama kali.

Place to Escape

Di mana saya kembali menjadikan blog ini hobi. Jujur, setahun terakhir saat saya berhenti ngeblog, saya mencoba mencari hobi baru (selain pekerjaan sampingan). Nonton, baca, olahraga, apa pun. Pada akhirnya selalu mentok, kayak ada yang kurang. Saya menemukan film favorit baru, novel favorit baru, menemukan olahraga yang bisa saya lakukan tanpa nangis. Tapi saya masih merasa perlu tempat yang nyaman yang bukan media sosial.

And so here I am. Berhenti blogging, lalu kembali. Entah untuk berapa lama, entah berapa rajin. Tapi saya yakin saya akan tetap kembali di sini, di sudut personal untuk saya sendiri. I want to take time for myself and this blog. And if you’re here to watch my journey, please enjoy yourself at this place too.

Salam,

Mega

3 komentar

  1. KAK MEGA, I MISS YOUR WRITING!! Senang sekali akhirnya lihat Kakak comeback 😭❤️. Aku sempat mampir ke tinydolce beberapa kali, tapi nggak lihat ada update di sana huhuhu. Sesenang ini lihat Kakak kembali 😭. Thank you for still reading my blog saat Kakak hiatus kemarin~ please update more karena aku rindu baca tulisan personal Kakak macam ini ❤️. Don't worry untuk tulisan setengah matang, tulisanku juga asal rambling aja 🤣 tapi itu dia beauty of blogging 🤣. Aku ada di IG juga sekarang~ tapi akunnya kosongan, hanya untuk interact sama teman-teman blogger aja 🤣

    BalasHapus
  2. HUAAAA MIS YU TU LIAAAA!!! Semoga kita bisa ngobrol lebih banyak ya di tahun ini huhuhuhu maafkan aku hilang tanpa kata (ini kayak lirik lagu deh). I hope I can be more active walaupun sudah tidak pandemi :') I will definitely fulfill this blog with personal posts, I hope -- dan semoga kita bisa ngobrol di post kita masing-masing yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYAA KAK MEGA KEMANA TIBA-TIBA HILANG HUUUU. AMIIIN!! Ditunggu comebacknya di blog ini <3

      Hapus

Instagram

Gentle Sunday. Theme by STS.