May '23 Skincare Routine (Kulit Kering dan Sensitif)

Setelah enam bulan lebih, ini waktunya mengupdate skincare sehari-hari. Sekarang skincare saya cenderung lebih sederhana, karena pagi dan malam hampir tidak ada bedanya. Kondisi kulit saat ini pun cenderung stabil. Dari yang dulu berminyak dan ladang jerawat, lalu jadi berminyak dan sensitif, sekarang berubah menjadi kering-sensitif dengan tanda-tanda aging. Untuk kulit usia 30-an, saya merasa kulit saya sekarang terhitung cukup oke.

As of May 2023, my skincare routine is something just like this:

The Main Players

First Cleanser (Night Only) - Heimish All Clean Balm

Kayaknya nggak akan berubah dari yang ini selama masih dijual. Glides smooth at skin, membersihkan tanpa mengeringkan, dan isinya cukup banyak sehingga awet. saya cuma pakai malam hari dan kalau hari itu pakai base make-up. Kalau hari itu lipstik saja, kadang di-skip.

Beli di shopee / Beli di tokopedia

Face Wash - Mamonde Triple Multi Cleansing Foam

Face wash hasil memenuhi wishlist di skincare routine yang lalu. Sebelumnya pernah pakai sample mamonde dan cukup nyaman, jadi coba beli karena ukurannya super besar. Awal-awal penggunaan cukup bikin kering. Ternyata itu karena saya kurang me-lather busa di tangan sebelum digunakan. Saat ini the face wash functioning just fine, tapi kayaknya pengen ganti yang lebih gentle.

Wishlist: (masih)  Benton Honest Cleansing Foam

Toner - The Aubree Botanical Calendula Toner

Awalnya mau beli SNP, tapi jiper karena ukurannya kok besar banget. Kebetulan The Aubree sedang diskon lumayan jauh, jadinya coba beli deh. Harganya cukup murah; di bawah 100rb untuk 200ml.

Sudah lama nggak pakai toner bertekstur encer rupanya bikin saya kagok. Karena encer = butuh pemakaian lebih banyak, kemungkinan masa pakainya nggak akan lama, nih. Klaimnya lembut dan menenangkan untuk sensitif; saat saya pakai masih ada sensasi pedih walaupun sedikit. Plusnya dia mudah menyerap. Masih harus dicoba apakah efeknya memang oke atau saya harus balik lagi.

Masih penasaran mau coba SNP Prep, tapi galau juga apakah harus kembali ke COSRX Propolis toner yang setia menemani sebelumnya.

Beli di shopee / Beli di tokopedia

Wishlist: SNP Prep Peptaronic Toner

Moisturizer - Illiyoon Ceramide Ato Concentrate Cream

Dengan harga yang murah dan isi yang banyak, tentu saja ini pelembap nggak habis-habis. Sekarang sih masih ngabisin aja sampai nanti ganti jadi COSRX lagi. Teksturnya cukup kaya, mudah menyerap, tapi terasa sedikit “tebal” dan agak merepotkan kalau harus digunakan saat sedang buru-buru.

Beli di shopee / Beli di tokopedia

Sunscreen - APIEU Pure Block Sun Cream, Nivea Sun SPF 50 PA++++ Sun Serum

Saya mencoba move on dari sunscreen Nivea dengan memenuhi wishlist di skincare routine sebelumnya. Tapi sayang sekali saudara-saudara, APIEU masih kalah jauh. Teksturnya terlalu berat, jadinya lengket. Masalah utamanya adalah sunscreen tersebut whitecast di saya, jadinya wajah saya terlihat abu-abu. Untuk perlindungannya sih bagus; saya merasa malah lebih bagus dari Nivea.

Pada akhirnya saya kembali ke Nivea Sun Serum karena teksturnya yang lebih ringan, mudah menyerap, dan nggak bikin wajah abu-abu. Sekarang belum tahu mau pakai sunscreen baru apa, jadi masih akan bertahan pakai Nivea. Mau pakai Anessa masih di luar budget soalnya, hiks.

Nivea: Beli di shopee / Beli di tokopedia
Apieu: Beli di shopee / Beli di tokopedia

The Add-Ons

Serum - The Aubree 10% Vitamin C Serum

Karena alasan personal, saya berhenti menggunakan Votre Peau Vitamin C serum dan mencari alternatif lainnya. The Aubree adalah merek lokal yang reviewnya cukup baik, dan kebetulan mereka punya varian serum vitamin C, jadi saya coba. Sejauh ini belum ada efek apa-apa yang signifikan; di kulit pun tidak terasa pedih atau sakit, jadi mungkin aman. Mari kita lihat evaluasinya beberapa bulan ke depan.

Beli di shopee / Beli di tokopedia

Serum - Avoskin  Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica

Dibeli karena dua alasan. Yang pertama, pulang berenang dari waterpark, kulit saya super gosong. Tahu sih penyebabnya karena sunscreen yang nggak tahan air. Tetap saja shock karena kulit saya pedih terbakar, dan berikutnya tanning. Cushion yang biasa dipakai pun jadi nggak cocok lagi. Langsung puyeng deh.

Sejauh ini saya pakai setiap pagi. Tidak ada reaksi alergi dan nyaman-nyaman saja. Kulit saya lumayan terlihat lebih baik dari kemarin, tapi mari kita lihat perkembangannya beberapa waktu ke depan.

Beli di shopee / Beli di tokopedia

Booster - Haple Rose Cloud Booster

Produk ini nggak begitu nyaman di kulit saya, jadinya jarang saya pakai. Karena itu juga sisanya masih banyak (hahaha), jadi ya masih saya pakai saja. Sudah tinggal sedikit lagi. Sesuai dengan prinsip, habiskan dulu, baru mencoba lagi yang baru. Varian ini juga sepertinya sudah tidak dijual lagi oleh Haple.

Wishlist: MISSHA Time Revolution The First Treatment Essence RX

Face Oil - Haple Face Oil (Almond)

Holy Grail part two yang hampir habis juga. Kemungkinan tidak akan repurchase dulu karena bergantian dengan serum yang sekarang sedang dipakai. Atau mungkin ingin coba face oil merek baru? Ya, siapa tahu.

Beli di shopee / Beli di tokopedia

Wishlist: COSRX Ultimate Nourishing Rice Overnight Mask

What Didn’t Work for Me

Somethinc 1% Encapsulated Retinol

Mungkin terlalu keras di kulit, mungkin saya yang metode memakainya nggak benar. Saya nggak tahu. Tapi, yang pasti retinol ini bikin dry patch di kulit makin parah dan malah makin sensitif. Setelah sebulan mencoba, I decided to let it go. Setelah tidak cocok dengan retinol berbentuk serum, rencananya saya mau mencoba yang bentuk toner, dengan harapan lebih ringan dan lembut untuk kulit.

Wishlist: Avoskin Miraculous Refine Toner

What's your current skincare routine?

Posting Komentar

Instagram

Gentle Sunday. Theme by STS.