#Mudikmergency Bersama True to Skin

Pernah mengalami produk skincare yang habis secara bersamaan? Nah, itu yang saya alami kemarin. Pelembap habis bis, sabun cuci muka yang biasa dibawa travel hampir habis, dan sunscreen tinggal sedikit lagi.

Kalau saya tidak berencana bepergian, tentu saya tenang-tenang saja. Namun, kemarin adalah waktu jelang mudik dan masa-masa di mana ekspedisi pengiriman sudah mulai padat karena mendekati idulfitri. Karena nggak bisa memperkirakan apakah paket saya akan datang tepat waktu, saya memutuskan untuk membeli yang habis di tempat mudik saja.

Tahun ini saya kembali mudik ke kampung suami di Muara Bungo—sayangnya, karena kehabisan tiket, kami harus ambil pesawat ke arah Jambi kota. Syukurnya, ini jadi memberikan saya pilihan untuk pergi ke toko skincare yang agak besar. Maklum, Muara Bungo kecil, jadi pilihannya nggak begitu banyak.

Di Jambi Town Square kebetulan ada Sociolla—tidak begitu besar, tapi isinya lumayanlah. Merek True to Skin ini yang pilihannya cukup lengkap dan ada diskon yang lumayan; jadilah saya ambil. Kebetulan Lia juga sempat nyebut soal True to Skin ini di postingan skincare saya yang lalu, jadinya pas banget untuk nyoba.

Tentang True To Skin

Dikutip dari beautyjournal, True to Skin adalah brand skincare yang baru muncul di tahun 2020. Maklum, saya bukan beauty hunter yang doyan mencoba brand baru, jadilah baru kepo sekarang.

True to Skin merupakan brand perawatan kulit lokal minimalis yang mengusung konsep bahan aktif tunggal yang dipadukan dengan bahan alami, sehingga menghasilkan formulasi yang lembut dan aktif. Brand ini juga menjamin bahwa dia vegan, no animal tested, halal, dan cocok digunakan untuk kulit sensitif maupun ibu hamil.

Oh, nice! Cuaca Jambi yang panas emang kadang suka bikin kulit saya berulah. Kadang kulit jadi sensitif dan mudah terbakar karena cuaca panas. Memilih merek yang simpel ingredients -nya adalah a perfect choice.

Nah, berikut ini adalah beberapa yang saya coba:


Matcha Oat Gentle Cleanser

buy at shopee or tokopedia

A gentle facial wash that contains skin-loving ingredients that cleanse your face without drying out your skin! Leaving your face naturally hydrated and supple.

Face wash ini yang sempat direkomendasikan sama Lia. Teksturnya lain dari yang lain: seperti teh, sesuai dengan kandungannya yaitu teh hijau. Yang saya suka, pembersih ini tidak menggunakan pewangi tambahan. Awalnya bertekstur gel, lalu saat diusap ke wajah berubah jadi busa. Walaupun rasanya ringan, tetap terasa bersih.

Dengan formula yang lembut dan tidak mengeringkan, face wash ini meninggalkan kesan yang baik di kulit saya. Might re-purchase later, bergantian dengan face wash lain yang saya incar untuk dicoba juga.

🍃Matcha / 🌾Oat / 🍀Heart Leaf / 🪵Licorice / 🫧Collagen


Azulene Oat Barrier Moisturizer Cream

buy at shopee or tokopedia

A moisturizer with a cream texture that can soothe, moisturize and strengthen the skin barrier.

Warna pelembapnya cukup unik, biru lembut. Katanya ini adalah warna kandungan alami dari guaiazulene yang menjadi salah satu hero ingredients. Seperti cleanser -nya, pelembap ini terasa no hassle, does the job well: ringan, mudah menyerap dengan tekstur yang lembut.

Mengingat cuaca Jambi panas banget, pelembap ini lumayan menangkal kekeringan di kulit mukaku. Pas dipake abis kena panas, ada kerasa cekit-cekit pedih, tapi habis itu kulit jadi enakan dan rasanya kenyal. Sebenernya pengen pake ini lagi, tapi harganya cukup lumayan untuk isi yang hanya 30gr. Jadi mau beli lagi pelembap yang harga per gr-nya lebih murah, atau beli pas harga promo. (Kebetulan di tokopedia lagi promo nih).

🌼 Guaiazulene / 🌾 Oat Extract / 🍑 Ceramide / ☘ Cica Water /💧 Beta Glucan / 🌧 Triple Hyaluronic Acid


Sunfriends Shooting Sunscreen Gel SPF 50 PA+++

buy at shopee or tokopedia

*UV protection, lightweight, fast absorption, no white cast, no comedogenic. *****

Buat sunscreen sebenernya saya lumayan pilih-pilih. Jarang ganti dan hanya berani coba merek yang sudah terkenal. Sempat mencoba merek baru beberapa kali ujungnya kecewa, jadi belum berani coba merek lain lagi. Sunscreen ini diambil karena sunscreen saya bener-bener habis dan harus punya back-up mengingat lokasi yang panas.

Memang kalau nggak punya ekspektasi apa-apa, pas ketemu yang bagus tuh jadinya seneng banget. I mean, sunscreen ini tuh ringan, nyaman, dan mudah menyerap! Fix mau repurchase lagi karena emang senyaman ituuu. Biasanya kalau yang ringan tuh suka licin, tapi ini berasa enak. Selain itu tidak menimbulkan whitecast di wajah.

Pas cuaca panas banget emang kerasa agak “mencair” sih, jadi nggak boleh pakai langsung keluar (yah, sesuai waktu ideal penggunaan sunscreen, minimal setengah jam sebelum). Setelah dari Jambi, saya akan coba pakai untuk keseharian di Bandung, dan akan repurchase lagi kalau performanya oke dan habis. Happy to find this gem! Pantaslah sunscreen ini termasuk produk unggulan mereka yang laku sampai ribuan buah.

🛡️4X UV Filter & SPF 50 PA +++ / 🔬In Vivo & In Vitro Tested / ☁️ Lightweight / 🌬️ Fast Absorption

Final Verdict

Sebagai orang yang udah lewat fase eksplorasi skincare, saya hanya coba-coba skincare sesekali saja. Satu produk habis, baru coba lagi. Itu sebabnya saya nggak akan cocok jadi reviewer atau skincare/beauty blogger karena perputaran produknya lambat banget wkwkwkw.

Kesempatan ini adalah kesempatan yang jarang terjadi—alias nyobain merek baru tiga produk sekaligus. Semua tidak akan terjadi kalau kepepet. Dan saya seneng deh ketemu merek ini, karena lokal, lembut, dan masih cukup terjangkau.

Saya nggak perlu janji-janji aneh untuk skincare —melindungi dan menjaga, itu saja sudah cukup. True to Skin punya misi yang sejalan dengan tipe skincare yang saya cari: sederhana dengan bahan aktif minimalis. Terlebih ini adalah merek lokal, yang membuat saya tidak perlu kesulitan cari-cari merek luar lagi. Can’t be more happy!

True to Skin

instagram: @truetoskinofficial / shopee / tokopedia


if you love my writings, consider sign-up for my email newsletter to get monthly recap and more. 💛

3 komentar

  1. rasanya aku senang sekali baca Kak Mega cocok dengan face washnya 😆. aku pun ngerasa samaa, face wash ini ringan tapi tetap bersih. untuk makeup ringan juga bisa bersih kok~ kalau untuk produk lainnya aku belum coba, tapi aku kepo deh sama sunscreennya! tapi kalau di Jambi meleleh, di sini aman nggak ya? 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku udah coba di Bandung dan it holds well! Abis ini pasti bakal repurchase karena enak bangett dan price point-nya masih sangat terjangkau. Face washnya sih lembut banget, Jadinya face washku yang biasa kerasa lebih "keras" di muka 🤣🤣🤣

      Hapus
    2. wuaaa, thank you Kak Mega for letting me know!! aku akan ceki-ceki si sunscreen True to Skin ini!
      mirip dengan pengalamanku!! setelah pakai face wash ini terus coba face wash lamaku rasanya beda banget 🤣 soalnya face wash ini lembut + bikin bersih padahal kayak nggak berasa kerjanya saking lembutnya 🤣

      Hapus

Instagram

gentle sunday. Theme by STS.